Pimpinan Komisi VII Dukung Dana Abadi BRIN: Jangan Digunakan untuk Hal Lain

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi PAN, Eddy Soeparno, merespons baik hadirnya dana abadi lembaga penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Eddy menegaskan, selama untuk kelangsungan riset dan inovasi, maka pihaknya akan terus mendukung.

Untuk diketahui, Komisi VII DPR RI ini turut membidangi riset dan teknologi, dan salah satu mitranya adalah BRIN.

“Untuk masalah pendanaan, kita dukung tentunya soal dana abadi. Dana abadi itu khusus didedikasikan untuk riset dan inovasi. Jangan dipergunakan untuk hal-hal lain jika memang ada kondisi yang mendesak,” ucap Eddy, dilansir dari Kumparan.com, Rabu (13/10/2021).

Terkait berapa jumlah dana abadi tersebut, Sekjen PAN itu mengaku hal itu masih dalam proses diskusi.

“Jumlah itu merupakan hasil akhir daripada diskusi. Yang terpenting dana abadi itu harus dialokasikan untuk BRIN, agar enggak ada kendala dari segi pendanaan. Tetapi menurut saya, yang paling penting konsep dana itu harus tetap ada,” tuturnya.

Sementara itu, terkait pelantikan Dewan Pengarah BRIN oleh Presiden Joko Widodo hari ini, Eddy berharap Indonesia akan mencapai keunggulan sumber daya manusia.

“Kami berharap dewan pengarah mampu memberikan masukan, arahan, dan pandangan terkait bidang riset dan inovasi. Bagaimana pun juga, kita harus menggenjot kapasitas sumber daya manusia kita. Kita merasa Indonesia itu jika mau melakukan lompatan besar, harus melalui riset dan inovasi,” tutup Eddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.