Sekjen PAN Akui Perlu Ada Perbaikan Kinerja Anggota Parpol dan DPR

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno memaklumi hasil survei soal tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik dan DPR paling rendah di antara institusi lainnya. Ia mengakui perlu ada perbaikan kinerja anggota partai politik dan DPR.

“Memang kita akui, ada beberapa hal yang memang perlu kita perbaiki terutama dari aspek kinerja partai politik dan kemudian persepsi publik terhadap kinerja Dewan Perwakilan Rakyat,” kata Eddy, dilansir dari Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Namun, Wakil Ketua Komisi VII DPR ini juga menyoroti sisi lain kinerja anggota DPR dan partai politik yang menurutnya sangat aktif di masa pandemi Covid-19.

Eddy mengeklaim, anggota dewan aktif menangani permasalahan ekonomi, sosial, dan kesehatan, bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Dan ini sudah berjalan 1,5 tahun sejak Covid-19 merebak di Indonesia. Jadi sesungguhnya, Covid-19 itu adalah sebuah ajang di mana partai politik berlomba-lomba membantu masyarakat untuk bisa teringankan bebannya dalam menghadapi Covid-19,” kata dia.

Eddy berharap kinerja DPR dalam penanganan pandemi juga menjadi salah satu aspek dalam survei ke depan.

Selain itu, Eddy juga tak sepenuhnya sepakat bahwa kinerja anggota DPR rendah. Menurut dia, anggota dewan terus bekerja selama pandemi, misalnya terkait fungsi legislasi atau membuat undang-undang.

“Kami di DPR masih tetap bekerja, tetap menjalankan tugas-tugas, tetap secara fisik hadir, karena menuntaskan beberapa target pembuatan undang-undang. Sehingga kami rasa kewajiban kami ini jangan sampai terhenti atau terhambat karena Covid-19,” tutur Eddy.

Ia menilai, hal-hal positif di DPR sejauh ini belum terekam dalam berbagai survei sehingga tidak diketahui secara luas oleh masyarakat.

Kendati demikian, Eddy mengaku tetap menghormati hasil survei tersebut dan menjadikannya sebagai pemicu bagi dirinya sebagai anggota DPR dan elite partai politik untuk bekerja lebih besar ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.