Sia-sia Mengejar Pertumbuhan Ekonomi Jika Angka Kenaikan Covid Terus Bertambah

Sekjen PAN Eddy Soeparno menanggapi pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyatakan masih ada waktu 1,5 bulan lagi untuk mendongkrak ekonomi menjadi positif.

Menurut Eddy, sia sia mengejar pertumbuhan ekonomi jika pemerintah tak bisa menghentikan laju kenaikan Angka penderita Covid yang terus bertambah.

“Tujuan utama kita bukan untuk mengejar angka pertumbuhan ekonomi positif di kuartal III 2020, namun memastikan agar prasyarat pertumbuhan ekonomi tercipta, yakni memastikan masyarakat patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mengerem angka kenaikan warga yang positif Covid-19,”

“Semakin besar kasus harian terhadap warga yang terinfeksi Covid 19, semakin was-was juga masyarakat dalam beraktivitas apalagi membelanjakan uangnya,” ungkap Eddy.

Selanjutnya Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini juga meminta penyerapan belanja pemerintah yang di Kuartal II terkontraksi sampai dengan minus 6.9 persen lebih dipercepat.

“Program seperti pembangunan infrastruktur, pekerjaan sarana dan prasarana di daerah rural bisa menyerap tenaga kerja untuk mengerakkan perekonomian,” ujar Anggota DPR RI dari Dapil Cianjur-Bogor ini.

“Berikut, tentu kita perlu memastikan agar bansos dan subsidi, khususnya bantuan sosial tunai, subsidi gaji dan lain-lain dikucurkan segera dan tepat sasaran,” tambahnya.

Eddy yakin jika prasyarat pertama di atas terpenuhi, penyerapan belanja pemerintah dan bansos serta subsidi gaji bisa menjadi daya ungkit perekonomian ke depan.

“Namun hal ini akan sia-sia dan justru memukul mundur pertumbuhan ekonomi, jika kasus penularan Covid 19 semakin merebak tak terkendali,” ungkapnya.

Di lain pihak, Eddy mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap UMKM dan dunia usaha melalui berbagai dukungan finansial dan stimulus yang diberikan.

Sebagai penutup, Eddy mengingatkan kembali bahwa ketika pemerintah semakin membuka perekonomian, tingkat kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan harus semakin ditingkatkan serta diberlakukan sanksi yang ber-efek jera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.