PAN Hormati Hasil Putusan MK Soal PHPU Pilpres 2019

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menjelaskan, PAN menghormati dan menerima hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

“Partai Amanat Nasional (PAN) menghormati dan menerima dengan baik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) karena itu adalah sebuah proses yang sudah ditetapkan dan konstitusional. Kami percaya bahwa apa yang telah diputuskan telah melalui rangkaian kajian hukum yang sangat mendalam yang dilakukan para hakim konstitusi yang terhormat dan independen,” kata Eddy dalam jumpa pers di Jalan Daksa I No. 10, Kebayoran Baru, Jumat (28/6/2019).

Eddy Soeparno mengimbau, kepada presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk bekerja dengan baik dan seadil-adilnya yakni menjadi presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia baik bagi mereka yang memilih maupun yang tidak memilih.

Eddy juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk menghormati dan menaati putusan MK.

“Dan kami memohon kepada seluruh rakyat Indonesia bisa mendukung pemerintahan ke depan dimana yang telah ditetapkan MK dalam putusannya pada malam ini, berikut kami juga mengimbau kepada Ir. Joko Widodo dan K.H Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden untuk lima tahun ke depan, untuk merajut kembali anak bangsa yang selama beberapa bulan ini,” katanya.

Menurut Eddy, persatuan dan kesatuan bangsa adalah yang utama dan merajut kembali Merah Putih adalah tugas semua pihak, tak terkecuali para elit politik. Ia berharap, hal tersebut bisa dilaksanakan secepatnya agar bangsa Indonesia bisa kembali bersatu.

“Merajut kembali Merah Putih merupakan tugas kita dan semoga hal tersebut bisa dilaksanakan secepat-cepatnya agar bangsa ini bisa kembali bersatu untuk kita bersama-sama membangun Negara ini sebagaimana kita harapkan,” ujarnya.

Sementara mengenai arah politik PAN ke depan pasca Pilpres 2019, Eddy menjelaskan akan segera diputuskan melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN dalam waktu dekat.

Rencananya, PAN juga akan bertemu dengan koalisi Prabowo-Sandi untuk membahas arah koalisi ke depan.

“PAN akan melaksanakan Rakernas pada akhir Juli atau awal Agustus tahun ini dimana kita kemudian akan menentukan arah politik PAN ke depannya. Sebagaimana tadi disampaikan oleh Pak Prabowo, koalisi Adil dan Makmur akan bertemu besok siang untuk membahas bagaimana kelanjutan koalisi ini, apakah kita akan masih tetap berlanjut, bekerja sama sebagaimana kami selama ini dengan baik ataukah kita diberikan kesempatan untuk berjalan sendiri-sendiri,” ujarnya.
Sumber : Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.