Eddy Soeparno Meminta Lahan Pertanian Tak Dialih Fungsi Demi Kesejahteraan Para Petani

TRIBUNJABAR.ID – Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno akan memperjuangkan kesejahteraan para petani, salah satunya dengan meminta pemerintah agar lahan pertanian tidak dikonversi menjadi lahan industri.

“Saya mendukung swasembada pangan yang saling terkait antara kesejahteraan petani dengan peningkatan produksi,” kata Kang Eddy.

Perlu adanya kebijakan-kebijakan yang berdampak secara langsung kepada kesejahteraan petani. Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III itu mengatakan, kesejahteraan petani akan membuat pembangunan di bidang pertanian bisa berkelanjutan.

Sektor pertanian merupakan tulang punggung ekonomi rakyat terutama di daerah. Banyak rakyat di daerah umumnya berprofesi sebagai seorang petani.

“Saya berharap rakyat lebih sejahtera, khususnya para petani,” tuturnya.

Selain itu, Politisi PAN itu menambahkan untuk mempercepat kesejahteraan petani, lahan yang digunakan petani juga harus dilindungi. Perubahan lahan tani menjadi industri akan mengakibatkan berkurangnya lahan petani untuk digarap.

“Jangan korbankan sawah yang merupakan lumbung padi dan sumber pangan kita untuk kegiatan usaha,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Kang Eddy mengimbau kepada para petani menjaga lahan pertaniannya, supaya cita-cita untuk swasembada dan meningkatkan kesejahteraan petani dapat dicapai.

“Kita memiliki kekayaan yang berlimpah dan apa yang kita miliki tidak terpelihara dengan baik. Saya imbau agar kita mempertahankan sawah yang kita miliki, sumber pangan yang kita miliki,” ucapnya.

Kang Eddy menilai revitalisasi lahan kritis juga akan mempengaruhi kesejahteraan petani. Hal ini akan ia perjuangkan.

“Revitalisasi lahan kritis bisa membuka lahan untuk petani, dengan begitu bisa meningkatkan produksi yang dapat mensejahterakan petani,” tutupnya.

Sumber : Tribun Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published.