Eddy Soeparno Perjuangkan Subsidi Sekolah Berbasis Agama Ditingkatkan

CIANJUR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno berkomitmen akan memperjuangkan anggaran pemerintah untuk sekolah berbasis agama ditingkatkan.

“Anggaran pemerintah untuk sekolah berbasis agama masih kecil, ini akan kita tingkatkan,” ucap Kang Eddy, Selasa (04/12/2018).

Kang Eddy menjelaskan, anggaran pemerintah hingga kini terkonsentrasi hanya untuk pendidikan umum. Sementara subsidi pendidikan untuk sekolah berbasis agama masih minim.

“Itulah kenapa biaya untuk masuk pesantren lebih mahal ketimbang sekolah umum,” ungkapnya.

Padahal, menurutnya, wilayah seperti Kabupaten Cianjur yang merupakan kota santri harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Mengingat, antusiasme masyarakat dan generasi muda untuk menimba ilmu di pesantren sangat tinggi.

Kang Eddy juga menambahkan, pesantren punya peran penting untuk menjaga moral, akidah dan kedisiplinan serta pendidikan karakter anak-anak muda generasi penerus. Sebabnya, dalam kurikulum pesantren tidak hanya mencakup pelajaran umum namun juga agama dengan berbasis asrama untuk mendidik karakter dan disiplin anak dapat dibentuk.

“Ke depan kita akan usul untuk meningkatkan anggaran untuk pesantren kita,” tutup Kang Eddy.

Sebelumnya, seorang Ketua Pesantren Assyifa Yayasan Nurul Jannah, Cipanas, Cianjur bernama H Faisal Jamil (67) mengungkapkan kepada Kang Eddy bahwa masyarakat saat ini masih terbebani atas biaya pesantren yang tinggi jika dibandingkan dengan sekolah umum. H Faisal berharap Kang Eddy sebagai Tokoh Masyarakat dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dimiliki oleh masyarakat tersebut.

“Kita berharap, pak Eddy sebagai perwakilan kami dapat memberikan menyalurkan bantuan pemerintah atas pendidikan pesantren,” ujar Faisal. (ysp)

Sumber : Radar Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published.