Eddy Soeparno Minta Subsidi untuk Bibit Unggul Petani Ditingkatkan

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno meminta pemerintah agar alokasi APBN untuk mensubsidi prasarana produksi pertanian seperti pupuk dan bibit unggul diperbesar.

Kang Eddy ingin alokasi subsidi diperlukan untuk meringankan beban petani.

“Pemerintah jangan terfokus pada pembangunan infrastruktur saja sedangkan para petani kita masih jauh dari sejahtera,” kata Eddy Soeparno, Sabtu (01/12/2018).

Pemerintah harus jeli melihat situasi dan kondisi masyarakat, seperti petani. Kang Eddy menilai terdapat ketimpangan antara hasil dan biaya produksi pertanian. Biaya produksi tidak seimbang dengan hasil jual pertanian.

“Kita berkali-kali mendorong pemerintah agar mengalokasikan dana subsidi ke sektor pertanian cuma kebanyakan dana tersebut lari ke infrastruktur,” katanya.

Ia menilai wilayah Jawa Barat yang merupakan lumbung padi di Indonesia sangat perlu diberi perhatian. Baik itu di sisi produksi maupun pemasaran sehingga bisa menciptakan swasembada padi.

“Menjadi kewajiban bagi pemerintah memberikan hasil terbaik kepada masyarakat dan negara sebagai abdi yang dipilih oleh warga negara,” kata dia.

Ia mengaku prihatin dengan kondisi petani yang masih jauh dari kata sejahtera.

Tokoh Petani Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Noneng (45) mengeluhkan kepada Kang Eddy harga produksi pertanian yang sangat tinggi dikarenakan prasarana yang mahal.

Berdasarkan hal tersebut, ia berharap kepada Kang Eddy sebagai tokoh masyarakat dapat memberikan perubahan.

“Biaya produksi mahal, kami juga butuh pupuk dan obat-obatan,” ucap Noneng kepada Eddy.

Sumber : Tribun Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published.