Eddy Soeparno Ingin Jadikan UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno ingin menjadikan UMKM sebagai penopang ekonomi Indonesia. Eddy menilai potensi-potensi UMKM lokal harus dikembangkan dengan berbagai bantuan dan pembinaan.

“Potensi UMKM kita melimpah, bukan hal yang mustahil menjadikannya sebagai pilar ekonomi negara kita,” kata pria yang akrab disapa Kang Eddy ini, Rabu (28/11/2018).

Berdasarkan data yang diperolehnya, Indonesia memiliki 59,26 juta unit UMKM dan telah menyerap tenaga kerja lebih dari 123,2 juta orang.

Kang Eddy berpendapat masih banyak UMKM yang belum terdata oleh pemerintah. Maka dari itu, Indonesia sebagai negara yang luas dan memiliki masyarakat kreatif masih menyimpan banyak potensi untuk dikembangkan.

“Unit UMKM kita sangat banyak, sangat sayang jika hanya dipandang sebelah mata,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia mencanangkan pembinaan berkelanjutan untuk UMKM, terutama soal akses modal dan pembinaan manajemen.

“Agar UMKM sebagai pilar ekonomi terwujud kita di kursi pemerintahan harus dapat memberikan pembinaan berkelanjutan untuk menguatkan pilar tersebut,” kata dia.

Kang Eddy menambahkan, agar pemerintah sebagai abdi masyarakat harus dapat memberikan kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan UMKM, karena UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja baru.

“UMKM sebagai pilar ekonomi masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan perluasan lapangan kerja tentu harus diwujudkan sesegera mungkin,” ucapnya.

 Sumber : Tribun Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published.